Iklan

terkini

Diduga Tidak Memberikan Kesejahteraan Bagi Masyarakat JPPL Akan Laporkan PT Merbau Indah Jaya Raya ke Bareskrim Mabes Polri

Selasa, 27 Februari 2024, Februari 27, 2024 WIB Last Updated 2024-02-27T16:47:19Z


Jakarta- 13-01-2024)Jaringan Pemuda Peduli Lingkungan Sulawesi Tenggara-Jakarta (JPPL) . Perusahaan PT Merbau Indah Jaya Raya adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di sebagian besar wilayah kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.


Brian Putra Selaku Ketua (JPPL) menyampaikan kepada awak media bahwa semenjak beroperasi dari tahun 2007 hingga sampai saat ini, PT Merbau indah jaya raya ini menggunakan jalan Usaha Tani untuk operasional padahal seharusnya Jangan seenaknya menggunakan jalan yang telah dibangun oleh pemerintah tanpa melalui mekanisme. 


Aktivis Jakarta itu menjelaskan bahwa munculnya pabrik pengolahan kelapa sawit seharusnya memberikan dampak positif baik dari segi lingkungan, sosial maupun ekonomi kepada masyarakat khususnya yang berada wilayah sekitar pabrik. Namun kenyataannya, masyarakat sekitar pabrik dipaksa beradaptasi dengan dampak yang terjadi akibat aktivitas pabrik yang terus menerus berproduksi, yaitu adanya limbah hasil produksi pabrik yang mengeluarkan bau tidak sedap serta debu jalan yang sampai hari ini menjadi masalah terbesar masyarakat sehingga sangat mengganggu aktivitas serta mengancam kondisi kesehatan masyarakat sekitar.


Hal ini sesuai dengan banyaknya keluhan masyarakat yang berada disekitar pabrik pengolahan kelapa sawit yang notabene nya merasakan dampak negatif akibat aktivitas pabrik. Menyikapi kondisi tersebut, maka perlu adanya kontribusi PT. Merbau Jaya Indah Raya sebagai perusahaan yang bertanggungjawab akibat dampak negatif yang dihasilkan. Melihat, selama ini belum pernah ada tanggungjawab sosial atau CSR dari perusahaan kepada masyarakat sekitar baik pada aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan. Sedangkan pelaksanaan CSR adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis dalam berkontribusi pada kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan.


“Kami dari Jaringan Pemuda Peduli Lingkungan Sulawesi Tenggara-Jakarta akan melakukan aksi demonstrasi di Bareskrim Mabes Polri dengan membawa beberapa bukti  laporan dan tuntutan terkait persoalan PT Merbau Indah Jaya Raya”. Tutupnya.

Komentar

Tampilkan

  • Diduga Tidak Memberikan Kesejahteraan Bagi Masyarakat JPPL Akan Laporkan PT Merbau Indah Jaya Raya ke Bareskrim Mabes Polri
  • 0

Terkini

Topik Populer

Daerah (16) Nasional (16) Kota Tual (15) Suara Aktivis (10)

Terkini Lainnya